BASIC TRAINING (LK-1)


Realitas sosial menunjukkan banyak sekali penyimpangan terjadi dikarenakan oleh pola tingkah laku calon generasi penerus bangsa. Mulai dari tindakan anarki bahkan ke tindakan asusila selalu menempatkan pemuda sebagai pemeran utama dari tayangan kehidupan ini. Hal ini menjadi sebuah ironi, mengingat bangsa Indonesia saat ini sedang membutuhkan sebuah spirit perubahan yang diharapkan mampu membawa pada perubahan yang signifikan.Pemuda menjadi tumpuan harapan karena dipundaknyalah segala tanggung jawab besar dipikul seiring dengan fungsi dari pemuda itu sendiri. Krisis multidimensi yang melanda bangsa ini seakan menjadi keadaan yang kekal tanpa adanya harapan pada perubahan yang lebih baik, karena dari sekian banyak hal dilakukan oleh pemuda selalu terjebak pada arus hidup yang membentuk karakter hedonism dan konsumerism. Penyerapan yang tidak tersaring menjadikan pragmatism kehidupan semakin meraja lela. Mereka seolah-olah dibungkam secara halus dan tertutup mata hatinya untuk peka terhadap realitas kehidupan yang terjadi.
Fitrah manusia yang selalu cenderung pada sebuah kebenaran seakan menjadi sebuah teori usang ketika dihadapkan dengan fakta kehidupan. Segalanya menjadi berbalik seratus delapan puluh derajat. Kebenaran menjadi sebuah kesalahan yang harus dimusnahkan, kebaikan dijadikan sebuah kejelekan, begitu dan seterusnya.
Dinamika kehidupan seperti ini membutuhkan telaah kritis dan media aktualisasi yang mampu meghadirkan sebuah ide dan gagasan untuk selalu tanggap terhadap keadaan. Selain itu juga mampu memberikan identitas (karakter) terhadap diri pemuda itu sendiri sebagai orang yang semangat, kritis, idealis dan dinamis. Pemuda yang mampu berprestasi. Tak akan ada yang lebih membanggakan selain mampu mewujudkan itu semua, karena itu semua harus menjadi orientasi kehidupan.
Mahasiswa merupakan sebagaian dari pemuda adalah harapan adanya hari yang lebih cerah sebagai tonggak pemacu perubahan tentunya mampu memberikan stimulasi dengan spirit agent of change dan agent of control. Namun itu semua menjadi omong kosong belaka ketika sebuah pergerakan perubahan dilakukan oleh seorang tanpa adanya wadah pemersatu untuk satu kepentingan perubahan. HMI yang dalam hal ini adalah wadah perkumpulan mahasiswa Islam, yang menjadikan Islam sebagai landasan ideologi, tentu selalu menempatkan rahmatan lil’aalamiin sebagai pijakan karena sesuai dengan ajarannya manusia adalah khalifah di muka bumi. Kebijakan dan tindakannya selalu memikirkan untuk sesuatu yang terbaik bagi kehidupan.
Berangkat dari hal tersebut, Basic Training (LK-1) yang merupakan media proses kaderisasi adalah media yang strategis untuk membentuk karakter mahasiswa yang kritis, idealis dan dinamis sesuai dengan tujuan HMI itu sendiri yaitu “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Islam serta Bertanggung Jawab Atas Terwujudnya Masyarakat Adil dan Makmur yang Diridhoi Allah Subahanhu wa Ta’ala”. Maka dari itu tema dari kegiatan Basic Training (LK-1) ini adalah “Membentuk Kesadaran Nalar Kritis dan Idealisme Mahasiswa Melalui Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Perjuangan Demi Terwujudnya Insan Cita” sebagai sebuah tanggung jawab agung untuk mencari dan mencetak kader yang berkualitas demi terwujunya sebuah perubahan yang lebih baik.

MATERI LK-1
  • Sejarah perjuangan HMI
  • Nilai dasar perjuangan (NDP 1-8)
  • Atribut dan Konstitusi HMI
  • Visi dan Misi HMI
  • Teknik diskusi dan persidangan
  • MOK (manajemen organisasi dan kepemimpinan)
  • KOHATI dan dinamika perempuan
  • Ideopolstratak
  • Dinamika kelompok

WAKTU PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Jum'at s/d Minggu, 23-24 November 2007
Tempat : Gedung DEKOPINDA Kota Malang

PERSYARATAN
Persayaratan peserta:
  1. Mahasiswa beragama islam
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Membayar kontribusi peserta sebesar Rp. 35.000,00
  5. Menyerahkan makalah dengan tema:
  • Ke-islaman
  • Ke-bangsaan
  • Ke-saintekan

5 comments:

aLe mengatakan...

semoga acaranya lancar Bung ;)

btw, kita2 boleh berkunjungkah pas acara tsb ^^v

Anonim mengatakan...

Selamat atas terlaksananya acara LK1 hmi saintek UIN malang

Dendy Kurniawan mengatakan...

Salam kenal dari HMI Komisariat IKIP Budi Utomo Malang

http://english-super.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. wb.

YAKUSA , , , salam Hijau Hitam dari Koms. Ekonomi Univ. Muhammadiyah Ponorogo

"Perjuangan belum berakhir, selama masih terdengar tangisan kalbu, hasrat ini tetap menggebu walau terhadang ribuan kalimat yang selalu menjatuhkan lambang ini. Kami tetaplah HMI, Insan Lima Cita adalah harga mati."

Unknown mengatakan...

SALAM PERGERAKAN !!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger